Rabu, 25 Februari 2009

Penyerapan Kalsium

Kesehatan tulang selain tergantung pada kalsium juga pada zat-zat lain seperti protein, fosfor, zinc, mangan, cuprum (tembaga), vitamin C, dan vitamin D. Bila kalsium diberikan sebagai suplemen, maka penyerapan yang terbaik adalah bila suplemen itu dimakan bersama makanan lain...

Namun demikian, ada zat-zat lain yang menghambat penyerapan kalsium yang terkandung dalam makanan yang kita asup, misalnya zat besi dengan kadar tinggi, asam fitat(ada dalam kacang-kacangan, biji-bijian seperti gandum), asam oksalat (ada dalam cokelat dan sayuran tertentu seperti bayam dan pucuk umbi). Intinya, bahan-bahan makanan itu adalah bahan yang berserat tinggi. Serat dalam makanan membuat makanan terlalu cepat meninggalkan usus sehingga tidak cukup waktu banyak untuk mengadakan penyerapan kalsium ke dalam badan. Jadi sebaiknya jangan mengkonsumsi serat berlebihan.

Selain itu kebiasan merokok, minum alcohol, dan minuman berkafein dapat mengurangi efisiensi penyerapan kalsium di dalam tubuh. Bahan-bahan yang kita asup ini bisa meningkatkan ekskresi kalsium lewat ginjal sehingga kebutuhan akan kalsium harus ditingkatkan. Beberapa minuman ringan mengandung fosfat sehingga bisa mengubah rasio kalsium dan fosfor dalam tubuh. Rasio kalsium dan fosfor yang seimbang adalah 1:1, kalau rasio ini menjauhi angka tersebut kalsium tidak akan terserap dalam tubuh secara optimal.
Bahan-bahan lain yang bisa mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh adalah obat-obatan seperti antasid (maag), tetrasiklin, diuretic dan heparin. Karena itu sedapat mungkin hindari penggunaan obat-obatan tersebut secara berlebihan. Bila terpaksa minum obat tersebut, maka konsumsi kalsium harus ditingkatkan untuk mengatasi ketidakefisien penyerapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar